Sistem Merit di Update 0.7.0, Bisa Menangkal Cheater?

pubg-mobile-featured-image-sistem-merit-0-7-0-bisa-menangkal-cheater

Update 0.7.0 membawa banyak fitur baru ke dalam PUBG Mobile, salah satu fitur menarik tersebut adalah Sistem Merit. Sebenarnya apa sih kegunaan dari Sistem Merit yang baru saja dirilis ini? Apakah sistem ini dirilis karena sudah bermunculan cheater - cheater yang ada di dalam game?

Hari ini G CUBE akan menjelaskan Sistem Merit PUBG Mobile secara keseluruhan untuk kamu pembaca setia kami! Yuk kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Cara Melihat Merit

Sebelum kami menjelaskan pengertian Sistem Merit ada baiknya kita tahu cara melihat Merit yang dimiliki oleh kita masing - masing maupun oleh orang lain. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Melihat Merit Diri Sendiri

pubg-mobile-update-ketuk-ikon-avatar

Pada saat memulai permainan kamu tinggal ketuk Ikon Avatar yang ada di bagian kanan atas layar.

pubg-mobile-update-pilih-tab-basic-info

Setelah itu pilih Tab Basic Info, di sini kamu akan dapat melihat informasi dasar mengenai karakter yang kamu sedang gunakan.

pubg-mobile-update-lihat-merit

Pada Basic Info cobalah lihat ke kiri bawah, ada tulisan Merit dan angka 100. Itulah Merit yang kalian miliki.

Cara Melihat Merit Orang Lain

pubg-mobile-update-buka-friendlist-dan-ketuk-profileJika kalian ingin melihat Merit milik teman kalian, kamu dapat membuka Friendlist yang kamu miliki. Setelah itu pilih teman yang ingin kamu lihat dan buka Profile mereka.

pubg-mobile-update-lihat-merit-teman

Tampilan layarnya juga sama seperti di profile kalian sendiri. Kamu dapat membuka Tab Basic Info dan melihat Merit teman kalian di bagian kiri bawah layar.

Pengertian Sistem Merit

pubg-mobile-update-merit-itu-apa

Sistem Merit atau Merit adalah sebuah sistem baru di mana PUBG Mobile akan mengukur tingkat kebaikan (Jasa pada versi Bahasa Indonesia) seorang pemain di dalam permainan. Kebaikan di sini berarti pemain tersebut tidak berbuat hal - hal curang seperti menggunakan Cheat dan juga melakukan Team Kill.

Aturan Merit

pubg-mobile-update-aturan-merit

Seorang pemain akan mendapatkan 100 Merit. Merit tersebut dapat berkurang jika kalian melakukan hal - hal sebagai berikut ini:

1. Bermain dengan pemain lain yang melakukan kecurangan (Bermain dengan Cheater)

Tidak ada pinalti pada pelanggaran pertama. Jika ada banyak pelanggaran selama 7 hari (kalian memang bermain dengan teman yang menggunakan cheat) maka setiap pelanggaran berikutnya akan menghilangkan 15 Merit.

2.  Membunuh Rekan Tim (Terdeteksi oleh Sistem)

Kehilangan 10 Merit pada pelanggaran pertama. Jika ada banyak pelanggaran selama 7 hari, maka setiap pelanggaran berikutnya akan menghilangkan 30 Merit.

3. Cheater (Terdeteksi oleh Sistem)

Akun terkena Banned dan menghilangkan 60 Merit.

Wah ternyata kalau kalian ketahuan melakukan Cheating akun kalian akan langsung terkena Banned di Sistem Merit ini.

Memperoleh Merit Kembali

pubg-mobile-update-memperoleh-merit-kembali

Tetapi jika kalian memang tidak bersalah atau hanya terjebak (misalnya tidak tahu rekan tim kalian melakukan Cheating), kalian dapat memperoleh Merit yang hilang kembali.

Cara memperolehnya kembali adalah dengan melakukan perilaku baik selama bermain di Mode Klasik dengan cara berikut:

  1. +3 Merit jika dapat menyelesaikan permainan di peringkat 10 teratas.
  2. +2 Merit jika dapat menyelesaikan permainan di peringkat ke-11 sampai ke-50.
  3. +1 Merit jika dapat menyelesaikan permainan di peringkat ke-51 sampai ke-100.

Cukup mudah ya untuk memperolehnya kembali walaupun sedikit demi sedikit.

Kegunaan Merit

pubg-mobile-update-kegunaan-merit

Nah sekarang ke fungsi dari Sistem Merit tersebut.  Selain dapat membuat pemain yang menggunakan Cheat terkena Banned (lihat bagian Aturan Merit) ada beberapa kegunaan lainnya di dalam sistem ini.

Yang pertama adalah jika kalian memiliki 100 Merit maksimum BP harian yang kalian dapatkan akan bertambah menjadi 200. Namun jika Merit yang kalian miliki berjumlah 60 sampai 90, maka BP dan EXP kalian akan dikurangi sebesar 30%. Lalu jika Merit yang kalian miliki berjumlah dibawah 60, maka kalian hanya dapat bermain Solo dan dikurangi juga BP dan EXP yang di dapatkan sebesar 50%.

Wah gawat banget ya! Kalau begitu kita harus bermain lebih hati - hati dan tentunya tidak boleh menggunakan Cheat lagi karena kita dapat mengalami kerugian dan juga terkena Banned oleh Sistem Merit ini.

Sekian penjelasan kami tentang Sistem Merit pada Update 0.7.0. Bagaimana pendapat kalian? Apakah Sistem Merit ini mampu untuk mengurangi jumlah Cheater  yang semakin bertambah setiap harinya? Tuliskan komentar kalian di bawah ini dan jangan lupa share artikel kami ya ^^

BACA JUGA