PUBG Menuntut Rules of Survival Karena Plagiarisme?

GCUBE pubg-mobile-news-featured-image

Ada kabar mengejutkan yang datang dari PUBG Corp. selaku pembuat game viral untuk PC dan versi Mobile terbarunya yaitu PlayerUnknown's Battleground (PUBG). Dilansir dari TorrentFreak, PUBG Corp. selaku developer dari PUBG telah menuntut NetEase Games yang merupakan developer dari game battle royale mobile hit lainnya yaitu Rules of Survival dan Knives Out karena pelanggaran hak cipta di dalam gamenya.

pubg-mobile-scandal-same-building-ros-pubg

Dari dokumen yang dibagikan oleh TorrentFreak berupa PDF yang berisikan 150 halaman tuntutan tersebut, kami melihat bahwa banyak tuntutan yang diberikan karena persoalan plagiarisme yang dilakukan oleh pihak pembuat Rules of Survival dan Knives Out. Kesamaan atau plagiarisme yang dilakukan tersebut berupa plagiarisme dalam hal bangunan, senjata, pakaian, dan gameplay dari game PUBG.

pubg-mobile-scandal-ros-chicken-dinner

Bahkan kalimat seperti "Winner Winner Chicken Dinner"-pun juga menjadi salah satu bagian yang dituntut oleh PUBG kepada pihak ROS. PUBG juga menuding bahwa game mobile Rules of Survival dan Knives Out pada platform mobile dibuat hanya untuk mengambil pasar mobile dari pihak PUBG dengan memplagiat beberapa elemen di dalam game mereka.

pubg-mobile-scandal-ros-not-from-pubgcorp

Karena plagiarisme tersebut banyak asumsi yang dibuat oleh masyarakat mengenai game Rules of Survival, game battle royale yang mirip itupun disebut - sebut sebagai game yang di develop oleh PUBG Corp. yang pada nyatanya bukan mereka yang membuat game itu. Hal tersebut dapat dilihat pada poin 52 dari dokumen yang dibagikan oleh tuntutan, pada poin tersebut di jelaskan bahwa pihak NetEase dengan sengaja membiarkan masyarakat mempercayai bahwa Rules of Survival dibuat oleh pihak PUBG.

Pada bulan januari lalu PUBG telah memberikan tuntutan kepada pihak Apple untuk menutup game yang diterbitkan oleh NetEase pada play store iOS karena mungkin saja game mereka telah melanggar hak cipta yang dimiliki oleh PUBG, namun hal tersebut tidak diakui oleh pihak NetEase.

Pada akhirnya PUBG Corp. menuntut pelanggaran hak cipta tersebut untuk diselesaikan melalui jalur hukum, mereka meminta ganti rugi berupa uang dan ditariknya game - game yang menurut mereka "plagiat" seperti Rules of Survival dan Knives Out dari peredaran game mobile saat ini. Saat ini belum ada keputusan yang dikeluarkan oleh pengadilan di sana.

Waduh gawat ya, kira - kira apa yang terjadi selanjutnya kalau Rules of Survival dan Knives Out? Apakah kamu sebagai penggemar game mobile setuju dengan tuntutan yang diberikan oleh PUBG? Berikan komentarmu tentang hal itu di kolom bagian bawah ini dan share artikel ini ya!

Kalau kamu mau melihat semua tuntutan oleh PUBG Corp. kamu bisa download dokumen lengkapnya dari TorrentFreak disini.

 

 

BACA JUGA