PUBG Menuntut Fortnite Karena Konsep ‘Battle Royale’ Yang Sama!

GCUBE pubg-mobile-featured-image-pubg-sues-fortnite

Wah ada breaking news nih untuk kamu pembaca GCube, kali ini datang dari game kesayangan kita yaitu PUBG. Kabarnya PUBG menuntut Fortnite yang selama ini menjadi saingan terberat mereka dan tuntutannya itu mengenai konsep 'Battle Royale' yang dianggap melanggar hak cipta? Wah gimana kabar selengkapnya ya? Baca yuk beritanya dari kami berikut ini!

Setelah beberapa bulan yang lalu PUBG menggugat game mobile yaitu Rules of Survival karena dianggap plagiat, kali ini BlueHole selaku developer dari PUBG menuntut Fortnite game yang sedang viral - viralnya saat ini. Gugatan ini dilayangkan kepada Epic Games selaku developer Fortnite karena telah memplagiat konsep 'Battle Royale', terutama dalam mode permainannya dan juga interface dari game PUBG.

Menurut engadget.com, tidak dipungkiri bahwa kesuksesan desain dari mode Battle Royale Fortnite, berasal dari  PUBG yang sebelumnya telah masuk ke dalam Steam Early Access. Konsep yang sama seperti 100 pemain terjun bersamaan dari dalam pesawat, mengumpulkan loot, dan bertarung di dalam zona yang selalu mengecil, tentunya terlihat sangat mirip.

Apalagi gameplay yang mirip seperti menggunakan bandage, revive teman satu tim, dan juga senjata seperti SCAR yang juga sama membuat kesamaan diantara keduanya semakin terlihat.

Walaupun begitu tetap terlihat adanya perbedaan antara Fortnite dan PUBG, seperti style grafis yang realistik pada PUBG tetapi dalam Fornite style grafis lebih kartunis ketika kalian bermain. Lalu ada pula konsep memasang trap, membuat bangunan, dan pertempuran yang lebih cepat di Fornite yang memperlihatkan perubahan signfikan daripada konsep awal Battle Royale yang dimiliki PUBG.

PUBG menurut engadget.com, sebenarnya tidak menciptakan sendiri konsep Battle Royale ini, namun mengambilnya dari game lainnya yaiut H1Z1 yang sedang trend kala itu. Cukup mengerikan bukan jika semua developer saling menuntut jika adanya mode permainan yang sama, tentunya bisa jadi.. ada banyak game lainnya yang saling menuntut karena adanya kesamaan di dalam sebuah 'konsep'. Tuntutan ini sebenarnya sudah dilayangkan oleh PUBG sejak bulan Januari kemarin dan masih menunggu proses peradilan di sana.

Jadi bagaimana pendapat kamu mengenai PUBG menuntut Fortnite ini? Apakah sebenarnya Fortnite melakukan plagiarisme terhadap PUBG atau tidak ya? Share berita ini yuk kepada teman - teman kamu dan tuliskan pendapatmu di bawah ini ya! ^^

BACA JUGA