Didukung Kominfo dan Kemenpora, IDByte Hadirkan Kompetisi PUBG Mobile

gcube-pubg-mobile-feat-image-idbyte-mengadakan-kompetisi-pubg-mobile

Berbicara mengenai PUBG Mobile, tentu saja juga berbicara mengenai betapa pesatnya pertumbuhan permainan online di tanah air. Pesatnya pertumbuhan itulah yang akhirnya menjadi alasan mengapa IDByte akan menggelar kompetisi PUBG Mobile pada bulan September.

IDByte adalah sebuah acara yang dipelopori oleh perusahaan digital di Indonesia, Bubu. Acara IDByte kali ini mengusung tema "Gaming for Change".

IDByte sendiri telah mendapatkan dukungan baik dari Menkominfo maupun Kemenpora untuk menyelenggarakan kompetisi tersebut.

"Kementerian Kominfo mendukung penyelenggaraan IDByte eSports 2019. Memang video online, games eSports ini sedang digandrungi oleh banyak anak muda di Indonesia. Perkembangan ini dilihat oleh pemerintah sebagai suatu potensi yang harus di-manage," ujar Rudiantara dalam Konferensi Pers IDByte 2019 di Kementerian Kominfo, Jakarta pada hari Selasa lalu.

Konferensi Pers tersebut dihadiri oleh Menteri Kominfo Rudiantara, Deputi Industri Bekraf Hari Sungkari dan Chairwoman IDByte eSports 2019 Shinta Dhanuwardoyo. 

Rudiantara selaku Menteri Kominfo, mengatakan, "eSports merupakan konvergensi yang pas antara dunia olahraga dan digitalisasi oleh sebab itu kehadirannya harus didukung sedini mungkin agar Indonesia mampu menjadi bangsa yang kemuka dalam sektor ini."

Ia juga mengungkapkan bahwa kompetisi eSports akan dipertandingkan dalam SEA Games dan Asian Games 2022. "Saya yakin nantinya jika pada waktunya juga akan dipertandingkan di Olimpiade," ungkapnya.

Menteri Kominfo menegaskan bahwa Pemerintah siap mendukung eSports. "Kementerian Kominfo selalu siap mendukung industri ini dengan cara menyediakan infrastruktur dan ekosistem yang kiranya dapat menunjang perkembangannya," ungkap Rudiantara.

gcube-pubg-mobile-berita-acara-konferensi-pers-idbyte-esports-2019
Menteri Kominfo Rudiantara bersama Chairwoman IDByte Esports 2019 Shinta Dhanuwardoyo dan Deputi Industri Bekraf Hari Sungkari - Sumber: Kominfo.go.id
GCUBE.ID sekarang juga membahas tips&trik main PUBG Mobile dalam VIDEO lho! Cek channel YouTube kami, GCUBE PLAY atau klik di sini.

Sementara itu, Shinta Dhanuwardoyo selaku Chairman IDByte eSports 2019 mengungkapkan bahwa industri eSports dapat memperkuat ekosistem industri ekspor di Indonesia.

"Dengan mengedukasi masyarakat terutama para pemangku kepentingan di dalam ekosistem industri ini terkait perkembangan dan potensi industri ini, sehingga dapat memicu antusias mereka untuk mendukung perkembangan industri ini," ungkapnya.

Deputi Industri Bekraf Hari Sungkari menyebut bahwa eSports bukanlah lagi sebuah hobi atau hiburan, melainkan sebuah alat edukasi, periklanan yang bahkan dapat membantu menumbuhkan ekonomi di tanah air.

"Industri game saat ini telah menjadi salah satu profesi baru seperti players, managers, casters, publishers serta creators yang mempunyai jenjang karir yang jelas. Dan bagi para players, game juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, teamwork, serta berpikir kritis," ungkap Deputi Hari Sungkari.

Turnamen ini merupakan kerja sama dengan Tencent Games dan akan diselenggarakan pada tanggal 13 dan 14 September 2019 di di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

Sumber: Kominfo

BACA JUGA