Main Pake Controller? – Ini Dia Cara Setup Key Mapping Gamepad Emulator PUBG Mobile!

pubg-mobile-featured-image-controller-key-mapping

Bermain game shooter menggunakan sebuah Controller (Gamepad) telah ada sejak lama dan bukan merupakan hal yang baru lagi. Sekarang dengan dirilisnya Emulator Official PUBG Mobile, beberapa dari kalian mungkin bertanya…

Bisa ga sih kita menggunakan controller xbox atau controller playstation yang dibuat untuk PC, ketika bermain gamenya?

Jawabannya adalah.. Iya dong, tentu saja bisa!

Hari ini kami akan memberikan kamu panduan singkat mengenai cara setup key mapping gamepad untuk Emulator Official PUBG Mobile!

Cara Setup Key Mapping Controller (Gamepad)

Membuka Menu Key Mapping

pubg-mobile-tips-open-key-mapping-menu

Pertama - tama, kamu harus tahu di mana sih tempat untuk mengatur key mapping ini. Kamu bisa membuka menu key mapping dengan mengklik ikon keyboard yang ada pada bagian kanan emulator Tencent Gaming Buddy.

Pilihan Controller (Gamepad)

pubg-mobile-tips-choose-gamepad-tab

Setelah membuka menu key mapping akan ada dua tab: Tab Keyboard dan MouseTab Gamepad. Pilih Tab Gamepad untuk mengatur settingan key mapping controller (gamepad).

pubg-mobile-tips-gamepad-is-connected

Pada Tab Gamepad pastikan kalau controller (gamepad) sudah terkoneksi (connected).

pubg-mobile-tips-click-guide-if-it-is-not-connected

Jika kamu sudah memasang controller (gamepad) dan masih tidak terkoneksi (not connected), mungkin kamu perlu menginstall driver untuk controller-mu itu.

Klik (guide) disamping tulisan tidak terkoneksi (not connected), untuk menginstall sebuah aplikasi penemu driver untuk gamepad-mu. Tekan Install pada jendela yang baru muncul.

Catatan:

Ketika kamu menggunakan controller murah (yang tidak memiliki instalan driver) atau controller lainnya yang tidak terdeteksi, kamu mungkin harus mengikuti langkah tambahan untuk mengaturnya sehingga dapat digunakan.

Kamu dapat melihat Frequently Ask Question (FAQ) pada bagian akhir artikel ini untuk langkah tambahan tersebut ^^

Membuat Key Mapping

pubg-mobile-tips-enabled-secondary-keys

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengaktifkan "Secondary Keys" yaitu Direction dan Camera. Kedua Secondary Keys tersebut sangat penting untuk mengaktifkan pergerakan dan kamera dari karaktermu.

2 Key Mapping Besar akan muncul setelah kamu mengaktifkan keys tersebut, setiap key mapping melambangkan Direction (Joystick Kiri) dan Camera (Joystick Kanan) yang dapat kamu bedakan key mapping-nya dengan mudah.

pubg-mobile-tips-click-empty-area-to-add-key-mapping

Sekarang untuk membuat sebuah Key Mapping bagi setiap tombol pada controller-mu (gamepad), kamu dapat meng-klik area kosong di layarmu dan sebuah Key Mapping Biru akan muncul. Key mapping ini akan kosong pada awalnya, jadi kamu harus menekan tombol di controller-mu untuk mengisinya.

Mengubah Key Mapping

pubg-mobile-tips-double-click-key-mapping-to-change-buttons

Untuk mengganti key mapping setelah kamu salah memberikannya, double klik (klik dua kali) key mapping sampai tombol yang lama hilang dan key mapping berkedip lalu tekan tombol lainnya yang kamu suka pada controller-mu.

Memposisikan Key Mapping

pubg-mobile-tips-go-to-training-mode

Untuk mengatur posisinya kamu harus masuk ke dalam permainan terlebih dahulu agar lebih mudah ketika ingin mencoba key mapping maupun memposisikan key mapping tersebut.

Agar lebih mudah kami rekomendasikan untuk masuk ke "Training Mode", karena di training mode kamu dapat keluar dengan mudah dan mengaturnya sepuas yang kamu mau.

pubg-mobile-tips-keyboard-and-mouse-key-mapping

Geser key mapping tersebut ke bagian - bagian di layarmu untuk memposisikannya, kamu juga dapat melihat referensi posisi dari bagian key mapping keyboard dan mouse! Cobalah sendiri jika kamu mau!

Atau kamu dapat melihat rekomendasi key mapping dari kami pada bagian selanjutnya di bawah ini dan ikuti posisinya ^^

Rekomendasi Key Mapping Controller (Gamepad)

Pada bagian ini kami akan memberikan kamu rekomendasi key mapping dan menjelaskan beberapa poin dalam key mapping sedetail yang dapat kami lakukan. Di bawah ini adalah rekomendasi key mapping controller (gamepad) dari kami:

pubg-mobile-tips-controller-gamepad-key-mapping-recommendation

Cara kami setup key mapping controller di atas hampir sama dengan posisi key mapping keyboard dan mouse. Ini karena key mapping tersebut harus berada di tempat di mana UI atau tombol - tombol penting berada di layar.

Sebagai contoh kami menggunakan R1 (Playstation) atau RB (Xbox) untuk menembak dan meletakkannya di layar di mana ada “Tombol Menembak” yang seharusnya ada, sehingga tombol controller tersebut dapat digunakan untuk menembakkan senjata, prinsip yang sama digunakan juga untuk setiap tombol lainnya.

pubg-mobile-tips-no-special-key-mapping

Menggunakan controller (gamepad) saat ini tidak dapat digunakan sepenuhnya, karena beberapa key mapping spesial tidak ada di key mapping controller (gamepad) saat ini.

Contohnya seperti key mapping hijau yang ada pada key mapping keyboard dan mouse (yang dapat digunakan untuk membuka pintu, masuk ke mobil, mengambil barang, dll dalam 1 key mapping).

Oleh karena itu kami hanya dapat mengatur key mapping pada semua fungsi penting untuk controller (menembak, reload, ganti senjata, dll) sehingga kamu harus mengkombinasikan controller (gamepad) dengan keyboard dan mouse untuk bermain dengan lancar.

pubg-mobile-tips-setup-controller-gamepad-buttons

Di bawah ini adalah semua daftar fungsi penting  yang GCube dapat key mapping-kan ke dalam tombol controller (gamepad) pada saat ini:

Tombol Controller Xbox Tombol Controller Playstation Fungsi
Y Segitiga Masuk Kendaraan / Ambil Items
X Kotak Keluar Kendaraan
A X Lompat
B Bulat Mode Scope
Right Button (RB) R1 Menembakkan Senjata
Right Trigger (RT) R2 Mereload Senjata
Left Button (LB) L1 Senjata Utama 1
Left Trigger (LT) L2 Senjata Utama 2
Atas (Up) Atas (Up) Merunduk
Bawah (Down) Bawah (Down) Tiarap
Kiri (Left) Kiri (Left) Items Heal
Kanan (Right) Kanan (Right) Senjata Melee / Grenade
Back Select Buka / Tutup Map
Start Start Buka / Tutup Inventory
Joystick Kiri Joystick Kiri Menggerakkan Karakter
Joystick Kanan Joystick Kanan Menggerakkan Kamera
Tombol Joystick Kiri
(Left Joystick Key)
Tombol Joystick Kiri
(Left Joystick Key)
Sprint (Lari Otomatis)
Tombol Joystick Kanan
(Right Joystick Key)
Tombol Joystick Kanan
(Right Joystick Key)
Membuka Items di Tanah

*Kamu dapat mengganti tombol sesuai dengan preferensimu dengan mengubah key mapping (lihat bagian mengubah key mapping di atas untuk panduannya).

Frequently Ask Questions

Bagaimana jika saya menggunakan Controller lain (selain controller official Xbox atau Playstation untuk PC) dan tidak ada driver untuk controller itu?

Download file ini:

Xbox360CE32Bit

pubg-mobile-tips-place-on-appmarket-folder

Extract file tersebut ke lokasi instalasi emulator-mu di mana .exe emulator berada (default: C:\Program Files\TxGameAssistant\AppMarket).

pubg-mobile-tips-setup-controller-buttons-emulator

Jalankan “x360ce.exe” (Run As Administratordan setup tombol controller-mu. (kami sudah mencoba file ini dan aman, kami juga menggunakan controller murah dan dapat kami gunakan)

Controller (Gamepad) kamu seharusnya sudah terdeteksi sebagai controller Xbox untuk PC sekarang dan dapat dikoneksikan ketika kamu bermain emulator ini.

Kameranya bergerak terlalu lambat dengan joystick, apakah bisa saya mempercepat gerakan kameranya?

pubg-mobile-tips-setup-the-sensitivity-on-settings-menu

Tentu saja bisa. Hal yang sama dapat kamu lakukan seperti di key mapping keyboard dan mouse, kamu hanya perlu menggantinya di halaman Settings in-game pada bagian Sensitivity.

Apakah akan ada update baru untuk Key Mapping Controller (Gamepad)?

Jika ada update baru kami akan memberitahu kalian dan memperbarui artikel ini secepat yang kami bisa ^^

Penutup

Bermain menggunakan controller mungkin salah satu cara yang sulit untuk dilakukan, tetapi jika kamu sudah terbiasa bermain game shooter di console dan bisa menggunakan controller dengan baik, kamu dapat mengikuti panduan ini untuk membantumu bermain dengan controller di Emulator PUBG Mobile! Semoga panduan ini berguna untuk kalian ya! ^^

Happy Playing ~

Baca Juga Setting Terbaik Emulator PUBG Mobile

Setting Terbaik Emulator PUBG Mobile

BACA JUGA