Cara Install dan Setup Emulator Official PUBGMobile Untuk PC

GCUBE pubg-mobile-featured-image-emulator

Sejak dirilisnya PUBGMobile, banyak program third party yang digunakan sebagai emulator untuk memainkannya di PC. Tentunya, bermain PUBGMobile dengan sebuah emulator dianggap sebagai cheating, tetapi di patch baru - baru ini, developer memperbaiki masalah ini dengan cara menggabungkan para pemain yang menggunakan emulator untuk bermain bersama dalam satu server.

Setelah perubahan tersebut, PUBGMobile publisher Tencent, juga merilis Emulator Official untuk PUBGMobile yang diberi nama Tencent Gaming Buddy! Hari ini, kami akan memandumu mengenai cara install dan setup Emulator Official PUBGMobile untuk PC, sehingga kamu dapat memainkannya dengan lancar tanpa adanya error.

Persyaratan Kebutuhan Untuk PC

Sebelum kamu memulai download dan menginstall emulator official ini, alangkah baiknya untuk tahu apakah PC atau Laptop yang kamu miliki dapat menjalankan emulator ini.  Di bawah ini adalah kebutuhan minimum untuk PC atau Laptop yang harus kamu miliki :

Persyaratan Kebutuhan Minimum
Emulator Official PUBGMobile
CPU 1.8 GHz Dual Core Dari Intel atau AMD
GPU NVIDIA GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600
Memori Setidaknya 3 GB RAM
OS Windows 10, 8.1, 8, dan 7
DirectX Versi 9.0c
Penyimpanan Setidaknya 2 GB penyimpanan kosong

Kamu mungkin saja membutuhkan spesifikasi lebih dari yang sudah kami berikan di atas, untuk menjalankan Emulator PUBGMobile PC dengan lancar.

Cara Download dan Install Emulator Official PUBGMobile

Cara Download

pubg-mobile-emulator-download

Untuk mendownload Emulator Official PUBGMobile kamu harus pergi ke website berikut ini :

Tencent Gaming Buddy dan klik tombol download.

pubg-mobile-emulator-download-correct-file

Jika kamu sudah selesai download Tencetn Gaming Buddy, maka file tersebut seharusnya berada pada folder di mana biasanya downloadan berada. Ukuran filenya sekitar 8.6 MB, ini dikarenakan file ini hanya emulatornya saja bukan gamenya.

Cara Install

pubg-mobile-emulator-click-install

Klik dua kali .exe file yang sudah di download, installer Tencent Gaming Buddy akan muncul. Klik tombol install jika kamu tidak ingin mengganti lokasi di mana game tersebut akan di install.

pubg-mobile-emulator-choose-install-location

Jika kamu ingin mengganti lokasi installan game tersebut, klik tombol customize dan ubah directory lokasinya dengan mengklik tombol browse.

pubg-mobile-emulator-wait-till-its-done

Setelah selesai, buka Tencent Gaming Buddy tersebut, sekarang Gaming Buddy akan mendownload dan menginstall gamenya untuk kamu secara otomatis. Tunggu hingga selesai dan voila! Kamu dapat memainkan PUBGMobile di PC sekarang!

Cara Setup Emulator Official PUBGMobile

Fitur dan Setting Emulator

Sekarang masuk ke cara setup emulator PUBG, Emulator Tencent Gaming Buddy memberikan kamu banyak fitur bagus sebagai emulator yang baru dirilis.

Di sini kami akan memberikan kamu ulasan singkat tentang fitur bermanfaat yang ada di emulator ini :

pubg-mobile-emulator-feature

i). Menu

Tombol menu ini memiliki banyak fungsi penting, seperti rotate (untuk merotasi layar emulator), volume (untuk mengatur volume permainan), clear chache (untuk memperbaiki crash, failure saat log on), show fps (memunculkan frame per second), dan setting emulator.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai setting emulator pada bagian selanjutnya.

ii). Key Mapping

Key Mapping digunakan untuk mengatur semua key (tombol) yang digunakan ketika kamu bermain game.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai key mapping pada bagian selanjutnya.

iii). Full Screen

Tombol Full Screen digunakan untuk menyembunyikan UI emulator sepenuhnya, sehingga game PUBGMobile akan memenuhi layar seperti PUBG versi PC.

iv). Multi-Window

Tombol Multi-Window digunakan jika kamu ingin membuka client game PUBGMobile lain pada saat bersamaan, hal ini berguna jika kamu ingin mencoba bermain duo dengan dirimu sendiri lol.

v). Screenshot

Tombol Screenshot yang mudah digunakan untuk mengambil gambar terbaik dari gamemu.

vi). Video Recording

Tombol Video Recording yang mudah digunakan untuk mengambil video gameplay yang kamu miliki.

pubg-mobile-emulator-settings

Ada 3 setting di Setting Emulator:

1). Setting Dasar

Di setting dasar kamu dapat mengatur apakah kamu ingin menjalankan emulator ketika PC-mu menyala, key boss (untuk membuka gaming lobby gaming buddy ketika kamu bermain), screen capture (untuk mengatur lokasi screenshot atau video di simpan), dan memilih bahasa emulator.

2). Setting Engine

Setting ini sama seperti setting grafis di dalam game, tetapi memberikan kamu lebih banyak pilihan. Kamu dapat mengganti setting yang ada di sini sesuai dengan spesifikasi komputer yang kamu miliki. Tetapi kami merekomendasikan agar meninggalkan setting ini pada settingan default.

3). Setting Game

Sama seperti Setting Engine, setting ini hanya akan mempengaruhi grafismu. Kami merekomendasikan untuk meninggalkan settingan ini pada settingan default.

pubg-mobile-emulator-keymapping-setting

Setting Key Mapping adalah tempat kamu harus pergi ketika ingin mengganti key (tombol) kontrol, pada keyboardmu ketika kamu bermain dengan emulator. Di sini kamu bisa klik setiap key dan menggantinya dengan key lain yang kamu mau. Kami merekomendasikan kamu untuk tidak mengganti apa - apa, selain tombol keyboardmu jika kamu kurang merasa nyaman.

Kamu juga dapat menggunakan gamepad loh, tetapi kamu harus mengatur setiap key (tombol) satu per satu. Hal itu berbeda dengan setting keyboard sebelumnya dan tentunya akan lebih menghabiskan waktumu.

Setting Di Dalam Game

pubg-mobile-emulator-mouse-sensitivity-setting

Sekarang kamu mungkin berpikir di mana sih cara ganti setting sensitivitas mouse pada emulator ini? Setting tersebut ternyata ada pada menu pengaturan sensitivitas di dalam game loh! Untuk settingan mouse ini, akan bergantung pada dpi mousemu. (dpi adalah seberapa sensitif cursor mouse kamu bergerak ketika menggeser mouse tersebut)

Pengguna mouse biasanya memiliki sensitivitas mouse berkisar antara 800 - 1000 dpi, yang membuat mousemu terasa tidak terlalu cepat maupun lambat ketika menggerakan cursornya. Dengan jarak dpi tersebut, kami merekomendasikan kamu agar mengatur semua sensitivitas di menu setting ini menjadi 15% atau lebih rendah.

Pada mouse 1000 dpi yang kami miliki, settingan ini sudah kami coba dan terasa seperti memainkan game fps pada PC umumnya. Tetapi tentu saja, semua itu akan bergantung pada preferensi kalian masing - masing pada akhirnya.

Setting Difficulty (Kesulitan)

pubg-mobile-emulator-difficulty-setting

Sekarang ketika mulai bermain game, kamu dapat memilih setting difficulty (kesulitan) dari game ini. Setting ini akan mempengaruhi banyaknya bot yang akan kamu temukan di dalam game. (setting ini juga ada di versi ponsel)

Catatan : Setting ini bukan setting khusus dari emulatornya namun kami ingin memberikan tips ini kepada kamu ^^

Settingan Emulator Tencent Gaming Buddy ANTI LAG!

Settingan in-game

Penutup

Jadi bagaimana? Apakah kamu senang bermain di emulator atau ponsel yang kamu miliki? Apakah dengan dirilisnya emulator official ini, akan membantu banyak pemain yang suka bermain di PC? Tinggalkan komentarmu di bagian bawah ini dan tolong share artikel ini ya ^^

Happy Hunting ~

Baca Juga Artikel dan Setting Game Terbaik Untuk Emulator Official PUBG Mobile

Artikel Emulator Official PUBGMobile
Setting Game Terbaik PUBG Mobile Emulator

BACA JUGA

46 Comments


  1. kenapa berhenti di 98% waktu install game nya suhu?mohon pencerahanya

    Reply

    1. Untuk instalasi yang stuck di 98%, bisa coba ganti directory installnya dengan menekan tombol customize dan install di partisi hdd lain misalnya dari c: ke d: Rizqi.. Kalau masih ada folder installan sebelumnya bisa coba di delete dulu terus install ulang dan ganti lokasi installnya ya ^^ Semoga Membantu

      – gcubereyh

      Reply

      1. siap saya coba besok

        Reply

  2. gan nama aplikasi nya apa yah ?? gua mau make emulator cuman gak tau aplikasi nya apa !! tolong di bantu

    Reply

    1. Nama aplikasinya “Tencent Gaming Buddy” gan, untuk tempat dan cara downloadnya agan bisa baca pada artikel kami di atas ya ^^ Semoga membantu

      -gcubreyh

      Reply

  3. Bro bisa dijelasin di setting kan ada yg namanya Screen DPI, nah fungsinya untuk apa ?

    Reply

    1. Halo gan Raid.. untuk DPI itu sendiri berarti dots per inch, ini adalah satuan untuk mengukur kerapatan pixel di monitor anda.. Nah kalau pada Setting Engine di Emulator itu kan ada setting Screen DPI sendiri.. itu berarti settingan ini digunakan untuk memperhalus gambar karena jika semakin besar DPI-nya maka pixelnya akan semakin banyak dan juga rapat.. Jadi kalau PC agan kuat bisa menggunakan yang 480 atau yang paling kanan dan jika tidak PC agan kurang kuat bisa gunakan yang 120 atau yang paling kiri.. kami sudah test dan tidak terlalu terlihat sih perubahannya..

      Kalau untuk DPI yang kami jelaskan pada artikel kami di atas itu.. digunakan untuk settingan Mouse anda, semakin besar DPI mouse anda,maka bakal semakin jauh kursor mouse anda bergeser.. Jadi sebenarnya intinya sama DPI itu bersangkutan tentang pixel yang ada di layar anda… ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

  4. Apakah komputer agan sudah cukup sesuai minimal requirementnya? Kalau sudah bisa jadi ada file emulatornya ada yang corrupt atau hilang atau juga emulatornya belum terupdate.. Solusinya bisa coba di update dulu emulatornya dengan cara : Agan buka Tencent Gaming Buddy (Ikon Gambar Paus di Desktop) lalu akan muncul kan gambar PUBG untuk Play.. Di layar Tencent Gaming Buddy ini jangan klik play dulu tetapi lihat bagian atas sebelah kiri tombol minimize ada garis 3, itu agan klik dan ada pilihan update di situ.. Kalau sudah update, sekarang coba Play PUBGMobilenya ya gan… ^^ Semoga Membantu.. kalau masih belum bisa bisa lapor di sini lagi ya hehe..

    -gcubereyh

    Reply

    1. laptop q Hp Core i5 kayak nya spek nya mumpuni gan coba saya update tulisannya sudah versi terbaru gan saya uninstal terus instal lagi juga ttap gtu gan mohon bantuannya

      Reply

      1. Apakah sudah install ulang di partisi yang berbeda seperti dari C: ke D: ? Kalau sudah bisa coba kembali buka Tencent Gaming Buddynya, lalu ke garis 3 yang kemarin dan pilih Setting… Di Setting itu agan bisa pergi ke Tab Engine dan ganti pilihan Renderingnya dari Smart Mode menjadi OpenGL atau DirectX .. lalu agan save.. dan coba restart… banyak setting lainnya disitu tapi coba dulu yang rendering tadi dan mainkan.. Boleh di utak atik juga bagian Prossesor dan RAMnya kalau masih belum bisa, agan sesuaikan dengan spek laptop…

        Satu lagi coba klik kanan pada Ikon Tencent Gaming Buddy dan Ikon PUBG Mobile di desktop.. buka properties.. lalu ke tab compatibility dan centang run as administrator…. setelah itu coba jalankan kembali ya.. ^^ Semoga Membantu..

        -gcubereyh

        Reply

  5. Gan bagaimana untuk cara update nya yah???

    Reply

    1. Untuk update versi emulatornya bisa buka emulatornya dengen mengklik “Tencent Gaming Buddy” di desktop… lalu lihat dan klik garis 3 strip di pojok kanan atas dekat “minimize” ada update disitu lalu agan klik updatenya ya…

      Kalau untuk update gamenya seperti update dari versi 0.5.0 ke versi 0.6.0 (yang baru) agan tinggal klik tombol “Upgrade” di gambar PUBG Mobile dalam windows “Tencent Gaming Buddy” yang dibuka tadi… ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

  6. please gan, minta keymaping untuk gamepad 🙁
    pubg mobile emulator, ga nyiapin keymaping untuk gamepad, padahal slotnya ada, please gan minta or rancangin keymaping for gamepadnyaa.

    Reply

    1. Kami sudah coba barusan dan bisa pake gamepad gan untuk kontrol dasar dan menembak juga cukup baik tetapi untuk mengambil items atau masuk kendaraan mungkin harus di kombinasikan dengan keyboard karena tidak ada keybind khusus yang seperti keyboard dan mouse (keybind khusus berwarna hijau untuk masuk kendaraan, membuka pintu, etc)..

      Kami akan coba buatkan keymapping yang baik untuk digunakan buat controller juga keyboard dan mouse ya gan.. tunggu artikel dari kami ^^ Terima kasih atas saran dan masukannya

      -gcubereyh

      Reply

  7. numpang nanya
    komputer saya pakai deep freeze
    sudah selesai install bisa play, tapi setelah restart gak bisa play padahal directory sudah di pindah di E
    muncul tulisan “sorry, the game cannot be started without standard engine”

    Reply

    1. tapi di pc lain yang gak pakai deep freeze bisa.ada yg bisa bantu?

      Reply

    2. Halo gan, biasanya jika agan install dan deep freeze sedang menyala setelah restart akan hilang semua settingan atau installan yang sudah dilakukan sebelumnya.. Jadi sebaiknya matikan dulu deep freezenya.. Install ulang kembali emulatornya kemudian baru nyalakan kembali deep freezenya.. ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

      1. pas installnya sudah dipindahi directorinya ke E gan.

        Reply

        1. Apakah pas Install deep freezenya masi jalan gan? Sudah coba di unfreeze direktori tempat agan install?

          Boleh juga coba download ini gan https://drive.google.com/open?id=14tq0A67gSkURPJ0wv2Wk4xVD832jXmxb … Matikan Tencent Gaming Buddynya (Jangan lupa exit juga di desktop tray yang di kanan bawah)… Lalu replace file yang sama di directory Tencent Gaming Buddynya (Cara gampangnya klik kanan desktop icon Tencent Gaming Buddy lalu open file location)… Filenya mimin tes aman soalnya dapat dari official team yang buat emulatornya… Coba jalankan kembali gamenya setelah itu
          ^^ Semoga Membantu

          -gcubereyh

          Reply

  8. sedang mendownload… semoga lancar

    Reply

  9. Permisi gan. Saya sebelum bermain sempat gak sengaja me-reset keymapping, jadi saya (sepertinya) harus mengatur manual.
    Ada cara gak agar settingan keymapping kembali ke default/recommended seperti waktu pertama install?
    Terima kasih

    Reply

    1. Siang gan ghalib.. Ada gan bisa coba klik key mapping mode dan pilih smart 720p.. Kalau sudah terpilih bisa coba gonta ganti ke mode lainnya lalu pilih smart lagi.. Seharusnya itu key mapping default atau awal ketika install.. Bisa coba klik tombol Reset juga di sebelah kiri tombol Save untuk hilangin key yang dibuat.. ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

      1. Terima kasih gan sebelumnya.
        Ane akhirnya install ulang emulatornya. Next time kalau ada yg gak bener lagi, ane coba sarannya.
        Thanx lagi.

        Reply

  10. apakah bisa dimainkan pake mode virtual drive/ diskles nya syberindo? caranya?

    Reply

    1. Bisa dicoba dengan panduan yang mimin temukan ini
      https://bit.ly/2IIDO7O
      seharusnya untuk menambahkan game sama seperti itu sih gan.. Kami tidak punya cyberindo jadi mungkin hanya dapat share tentang panduan tersebut … ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

  11. mau tanya gan waktu login “network error and login failed ” gimana ya padahal internet lancar jaya

    Reply

    1. Agan saya lihat komennya sudah mencoba semua cara ya, kalau yang berikut ini apakah sudah coba? //
      1. Cek waktu komputer agan apakah sudah sesuai .. Caranya pergi ke control panel > time and date > set time automatically di disable dulu lalu ganti time zone ke UTC + 07:00 Bangkok Hanoi Jakarta
      2. Coba cek internet agan apakah pake firewall atau anti virus yang bisa ngehalangin install boleh di disable terlebih dahulu
      3. Cara terakhir https://drive.google.com/dr… download file itu lalu jalankan as Administrator (sudah mimin test di kompi sendiri dan aman)
      Filenya dari pembuat emulatornya sendiri dan mimin dapat dari forum official emulatornya jadi seharusnya aman.. Hanya mengubah setting internet dan time zone secara otomatis jadi kamu tinggal klik aja
      4. Restart router internetmu lalu coba lagi
      ^^ Semoga membantu
      // Sebenarnya itu untuk Error 23 sih gan cuma kayanya bisa dicoba juga untuk network error soalnya itu ngerestart koneksi internet kita ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

  12. Gan directory saya sudah pindah ke E
    lalu saya klik aplikasi TxGaDcc filenya gak bisa jalan

    Reply

    1. Apakah agan pindahin setelah semuanya sudah terinstall? atau pas pertama di installernya? Kalau langsung di pindahkan ke drive lain biasanya gamau di jalankan dan harus install ulang, pas saat instal ulang baru agan ganti directorynya ^^ Semoga Menmbantu

      -gcubereyh

      Reply

  13. mau nanya gan, kenapa kok tampilannya putih semua? memang sudah membentuk tampilan yg sesuai, tetapi cuma berwarna putih. thanks

    Reply

    1. Untuk blank putih bisa coba dulu ganti setting Engine di Tencent Gaming Buddynya ke OpenGL gan.. Caranya klik strip 3 di samping tombol minimize emulator.. pilih pilihan setting.. lalu pilih tab Engine.. disitu ada bagian namanya Rendering ganti dari smart mode ke OpenGL… dicoba dulu ya gan… ^^ Semoga Membantu

      -gcubereyh

      Reply

      1. thanks gan, tapi sekarang lag
        munkin kalah proc nya hehe

        Reply

      2. Parah gan ganti ke mode OpenGL jg prcuma, udh gw cba satu2 ttp gk ada yg mampu, gk bsa yah ini game di vga Nvdia Geforce Gt 630 🙁
        ram udh gde 12 gb processr I5-3470
        make aplikasi nox pun ttep white screen or black screen

        Reply

  14. kak mau bertanya , saya sudah mendownload tetapi gambarnya sangat pecah pada hal laptop saya speknya lumayan i5 tetapi kenapa bisa seperti itu ya kak , apakah karena ada file yang belum saya download atau ada beberapa pengaturan yang belum saya atur ?

    Reply

    1. Halo melati kamu sudah atur bagian Engine di dalam emulator Tencent Gaming Buddynya belum? kalau belum bisa di atur dulu terutama di bagian renderingnya coba ubah dari Smart Mode ke Open GL atau DirectX jangan yang + yah.. Coba ubah itu dulu terlebih dahulu. Semoga Membantu ^^
      -gcubereyh

      Reply

  15. Bang kenapa ya punya gua kagak bisa? ada tulisan “Internet Eror”

    Reply

    1. hmm biasanya error-nya sesuai dengan tulisan gan mungkin ada masalah di inet agan. Apakah sudah coba ganti wifi atau pakek vpn?

      Reply

  16. Bro, ini kenapa udah download 100% tapi ngulang terus ya? Seharian gue nunggu bolak balik terus download nya gak kelar kelar

    Reply

  17. min ini kenapa ya ane uda download semua nya malah cuman nonggol hitam gtu doank tanpa ada nya gambar PUBG nya adakah yang salah ??

    Reply

  18. cara set installasi direktori game pubg nya gimana ya? soalnya ane set di C:/ pas ngedownload nya malah di D:/, game pubg nya doang yang set di D:/ tapi emulator nya tetep di C:/
    mohon bantuannya

    Reply

  19. kok ngga bisa login di facebook.? mohon solusinya

    Reply

  20. gan, nanya ini sya ud da download. begitu siap download pas mau game 50% error.. sudah ikuti cara di atas. tp tetap sama kejadian nya. solusi ny gmn ya?
    Spec saya i5, ram 4gb, windows 7 64bit,

    Reply

    1. pc anda terlalu kentang :v

      Reply

  21. Gan ini saya download pubg udh seratus persen tapi kok blm ada tombol play ditunggu 30 mnt masih ttp sama, mohon pencerahannya

    Reply

  22. Maaf min mau tanya kalau untuk amd a4 1.5Ghz bisa ga ya ? apa harus 1.8Ghz ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *