Cara Install dan Setup Emulator Official PUBGMobile Untuk PC

pubg-mobile-featured-image-emulator

Sejak dirilisnya PUBGMobile, banyak program third party yang digunakan sebagai emulator untuk memainkannya di PC. Tentunya, bermain PUBGMobile dengan sebuah emulator dianggap sebagai cheating, tetapi di patch baru - baru ini, developer memperbaiki masalah ini dengan cara menggabungkan para pemain yang menggunakan emulator untuk bermain bersama dalam satu server.

Setelah perubahan tersebut, PUBGMobile publisher Tencent, juga merilis Emulator Official untuk PUBGMobile yang diberi nama Tencent Gaming Buddy! Hari ini, kami akan memandumu mengenai cara install dan setup Emulator Official PUBGMobile untuk PC, sehingga kamu dapat memainkannya dengan lancar tanpa adanya error.

Persyaratan Kebutuhan Untuk PC

Sebelum kamu memulai download dan menginstall emulator official ini, alangkah baiknya untuk tahu apakah PC atau Laptop yang kamu miliki dapat menjalankan emulator ini.  Di bawah ini adalah kebutuhan minimum untuk PC atau Laptop yang harus kamu miliki :

Persyaratan Kebutuhan Minimum
Emulator Official PUBGMobile
CPU 1.8 GHz Dual Core Dari Intel atau AMD
GPU NVIDIA GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600
Memori Setidaknya 3 GB RAM
OS Windows 10, 8.1, 8, dan 7
DirectX Versi 9.0c
Penyimpanan Setidaknya 2 GB penyimpanan kosong

Kamu mungkin saja membutuhkan spesifikasi lebih dari yang sudah kami berikan di atas, untuk menjalankan Emulator Official PUBGMobile dengan lancar.

Cara Download dan Install Emulator Official PUBGMobile

Cara Download

pubg-mobile-emulator-download

Untuk mendownload Emulator Official PUBGMobile kamu harus pergi ke website berikut ini :

Tencent Gaming Buddy dan klik tombol download.

pubg-mobile-emulator-download-correct-file

Jika kamu sudah selesai mengunduhnya, file tersebut seharusnya berada pada folder di mana biasanya downloadan berada. Ukuran filenya sekitar 8.6 MB, ini dikarenakan file ini hanya emulatornya saja bukan gamenya.

Cara Install

pubg-mobile-emulator-click-install

Klik dua kali .exe file yang sudah di download, installer Tencent Gaming Buddy akan muncul. Klik tombol install jika kamu tidak ingin mengganti lokasi di mana game tersebut akan di install.

pubg-mobile-emulator-choose-install-location

Jika kamu ingin mengganti lokasi installan game tersebut, klik tombol customize dan ubah directory lokasinya dengan mengklik tombol browse.

pubg-mobile-emulator-wait-till-its-done

Setelah selesai, buka Tencent Gaming Buddy tersebut, sekarang Gaming Buddy akan mendownload dan menginstall gamenya untuk kamu secara otomatis. Tunggu hingga selesai dan voila! Kamu dapat memainkan PUBGMobile di PC sekarang!

Cara Setup Emulator Official PUBGMobile

Fitur dan Setting Emulator

Sekarang masuk ke cara setup emulator, Emulator Tencent Gaming Buddy memberikan kamu banyak fitur bagus sebagai emulator yang baru dirilis.

Di sini kami akan memberikan kamu ulasan singkat tentang fitur bermanfaat yang ada di emulator ini :

pubg-mobile-emulator-feature

i). Menu

Tombol menu ini memiliki banyak fungsi penting, seperti rotate (untuk merotasi layar emulator), volume (untuk mengatur volume permainan), clear chache (untuk memperbaiki crash, failure saat log on), show fps (memunculkan frame per second), dan setting emulator.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai setting emulator pada bagian selanjutnya.

ii). Key Mapping

Key Mapping digunakan untuk mengatur semua key (tombol) yang digunakan ketika kamu bermain game.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai key mapping pada bagian selanjutnya.

iii). Full Screen

Tombol Full Screen digunakan untuk menyembunyikan UI emulator sepenuhnya, sehingga game PUBGMobile akan memenuhi layar seperti PUBG versi PC.

iv). Multi-Window

Tombol Multi-Window digunakan jika kamu ingin membuka client game PUBGMobile lain pada saat bersamaan, hal ini berguna jika kamu ingin mencoba bermain duo dengan dirimu sendiri lol.

v). Screenshot

Tombol Screenshot yang mudah digunakan untuk mengambil gambar terbaik dari gamemu.

vi). Video Recording

Tombol Video Recording yang mudah digunakan untuk mengambil video gameplay yang kamu miliki.

pubg-mobile-emulator-settings

Ada 3 setting di Setting Emulator:

1). Setting Dasar

Di setting dasar kamu dapat mengatur apakah kamu ingin menjalankan emulator ketika PC-mu menyala, key boss (untuk membuka gaming lobby gaming buddy ketika kamu bermain), screen capture (untuk mengatur lokasi screenshot atau video di simpan), dan memilih bahasa emulator.

2). Setting Engine

Setting ini sama seperti setting grafis di dalam game, tetapi memberikan kamu lebih banyak pilihan. Kamu dapat mengganti setting yang ada di sini sesuai dengan spesifikasi komputer yang kamu miliki. Tetapi kami merekomendasikan agar meninggalkan setting ini pada settingan default.

3). Setting Game

Sama seperti Setting Engine, setting ini hanya akan mempengaruhi grafismu. Kami merekomendasikan untuk meninggalkan settingan ini pada settingan default.

pubg-mobile-emulator-keymapping-setting

Setting Key Mapping adalah tempat kamu harus pergi ketika ingin mengganti key (tombol) kontrol, pada keyboardmu ketika kamu bermain dengan emulator. Di sini kamu bisa klik setiap key dan menggantinya dengan key lain yang kamu mau. Kami merekomendasikan kamu untuk tidak mengganti apa - apa, selain tombol keyboardmu jika kamu kurang merasa nyaman.

Kamu juga dapat menggunakan gamepad loh, tetapi kamu harus mengatur setiap key (tombol) satu per satu. Hal itu berbeda dengan setting keyboard sebelumnya dan tentunya akan lebih menghabiskan waktumu.

Setting Di Dalam Game

pubg-mobile-emulator-mouse-sensitivity-setting

Sekarang kamu mungkin berpikir di mana sih cara ganti setting sensitivitas mouse pada emulator ini? Setting tersebut ternyata ada pada menu pengaturan sensitivitas di dalam game loh! Untuk settingan mouse ini, akan bergantung pada dpi mousemu. (dpi adalah seberapa sensitif cursor mouse kamu bergerak ketika menggeser mouse tersebut)

Pengguna mouse biasanya memiliki sensitivitas mouse berkisar antara 800 - 1000 dpi, yang membuat mousemu terasa tidak terlalu cepat maupun lambat ketika menggerakan cursornya. Dengan jarak dpi tersebut, kami merekomendasikan kamu agar mengatur semua sensitivitas di menu setting ini menjadi 15% atau lebih rendah.

Pada mouse 1000 dpi yang kami miliki, settingan ini sudah kami coba dan terasa seperti memainkan game fps pada PC umumnya. Tetapi tentu saja, semua itu akan bergantung pada preferensi kalian masing - masing pada akhirnya.

Setting Difficulty (Kesulitan)

pubg-mobile-emulator-difficulty-setting

Sekarang ketika mulai bermain game, kamu dapat memilih setting difficulty (kesulitan) dari game ini. Setting ini akan mempengaruhi banyaknya bot yang akan kamu temukan di dalam game. (setting ini juga ada di versi ponsel)

Catatan : Setting ini bukan setting khusus dari emulatornya namun kami ingin memberikan tips ini kepada kamu ^^

Penutup

Jadi bagaimana? Apakah kamu senang bermain di emulator atau ponsel yang kamu miliki? Apakah dengan dirilisnya emulator official ini, akan membantu banyak pemain yang suka bermain di PC? Tinggalkan komentarmu di bagian bawah ini dan tolong share artikel ini ya ^^

Happy Hunting ~