Apa Sih PUBG Mobile Itu? Sekilas Mengenai Game Battle Royale Mobile Yang Sedang Viral

GCUBE pubg-mobile-featured-image-article-1

Apakah kamu tahu ada Game Battle Royale baru untuk mobile di Play Store? Pernah denger gak tentang game terkenal PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) di PC? Sekarang ada versi mobilenya loh! Hari ini kita akan memberikan kamu gambaran tentang Apa Sih PUBG Mobile Itu? Sekilas Mengenai Game Battle Royale Mobile Yang Sedang Viral di GCube.id!

Penjelasan Singkat Tentang PUBG

Game PUBG

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-ver

Seperti yang kamu sudah tahu atau dengar sebelumnya, ada game Battle Royale yang viral dan menyapu bersih komunitas PC gamers tahun lalu loh. Nama dari game itu adalah PlayerUnknown’s Battlegrounds atau disingkat menjadi PUBG, sebuah game dimana kamu harus bertahan hidup bertempur melawan 100 pemain lain dan menjadi yang terakhir untuk hidup.

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-ver-parachute

Ketika para pemain memulai gamenya, mereka akan terjun dari sebuah pesawat dan menggunakan parasut ke berbagai lokasi untuk mereka loot. Sebuah lingkaran putih yang menandakan zona bermain akan muncul dan para pemain harus mengikuti masuk ke dalam lingkaran zona bermain tersebut. Zona bermain itu akan diperbarui dan mengecil ketika waktu lingkaran mencapai 0 hal tersebut membuat beberapa area menjadi tidak aman.

Pemain yang berada di luar lingkaran putih (zona bermain) akan kehabisan darah dan mati, lalu lingkaran putih tersebut akan mengecil secara terus - menerus dan membuat semua pemain yang tersisa pada lingkaran akhir untuk bertempur habis - habisan agar dapat  menjadi pemain terakhir dan memenangkan chicken dinner.

Hype PUBG

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-ver-beat-dota2

Setelah kesuksesan besarnya dalam mengalahkan game battle royale PC lainnya seperti “H1Z1 : King of The Hill”, PUBG menjadi hype terbesar di komunitas gaming. Dengan jumlah pemain yang bermain secara bersamaan sebesar 1.3 Juta pemain hanya dalam kurun waktu sebulan setelah rilis early accessnya,  PUBG PC dapat mengalahkan Dota 2 menjadi Raja baru di platform Steam. Lalu PUBG PC pada akhirnya masuk ke tahap rilis full pada desember 2017 dengan banyak fitur baru seperti vaulting, death cam, dan sebuah map baru yaitu gurun Miramar.

Bersamaan dengan hype itu, tentunya terlihat sebuah masalah besar yang menghantui PUBG... masalah itu adalah cheater dan bot! Dengan jumlah penjualan lebih dari 30 Juta game pada saat ini, pasti akan ada masalah seperti itu yang menghantui setiap game online. Dengan jumlah pemain mencapai angka fantastis, jumlah cheater-pun akan bertambah dan malah sekarang secara terang - terangan menggunakan cheat walaupun sudah ada fitur death cam. Masalah ini harus dapat dituntaskan jika mereka ingin menghentikan penurunan jumlah pemain yang sudah muak melawan cheater di PUBG.

Versi Mobile PUBG

pubg-mobile-opinion-pubg-mobile-10millions

Hype dari PUBG setelah rilis fullnya tahun lalu belum mati, sekarang ada versi mobile dari game yang dicintai penggemar genre battle royale tersebut. PUBG Mobile sudah di rilis sebagai beta di seluruh dunia dan mencapai 10 Juta download hanya dalam kurun waktu seminggu setelah masuk ke app store! WOW!

Tentunya dengan tipe baru konsumer (gamers mobile), PUBG Mobile harus beradaptasi menjadi lebih mobile friendly daripada versi PC sebelumnya. Ada beberapa hal yang berbeda dan membuat versi mobile lebih dapat dinikmati. Kami telah mengumpulkan perbandingan diantar PUBG PC dan PUBG Mobile hanya untuk kamu, penggemar setia GCube.id! ^^

 

 

Perbandingan PUBG PC dan PUBG Mobile

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-vs-mobile-graphic-difference

Kami merasa bahwa gameplay utama dari PUBG di kedua versi terlihat mirip tetapi ada beberapa perbedaan fitur yang dimiliki PUBG Mobile. Beberapa perbedaan tersebut mungkin dirasa tidak berguna bagi pemain PUBG PC, akan tetapi perbedaan tersebut kami rasa menambah bumbu - bumbu lezat  yang akan menjadi bahan untuk membuat PUBG Mobile lebih populer untuk gamers casual yang menggunakan ponsel.

Sistem Rank dan Performa Pertempuran

pubg-mobile-opinion-pubg-mobile-rank-system

PUBG Mobile mengikuti tren  game mobile dengan mengimplementasikan sebuah sistem rank, yang dapat kamu naikkan ketika kamu bermain gamenya. Rank sistem ini mungkin bertujuan untuk menyesuaikan permainan kamu melawan  pemain lain yang memiliki rank yang sama atau skill yang sama juga, agar permainan menjadi lebih adil dan pengalaman bermainmu menjadi lebih baik.

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-ver-end-screen

Sedangkan di PUBG PC sistem rank tersebut tidak ada dan mungkin hal itu menyebabkan semua orang di taruh ke dalam permainan yang tidak adil dan membuat level permainan pemain pemula menjadi lebih sulit.

pubg-mobile-opinion-pubg-mobile-battle-performance

Layar pada akhir permainan di PUBG Mobile juga diperbagus - kamu akan dapat melihat layar performa pertempuran selain layar ranking yang biasanya muncul di akhir permainan.

Jalur Penerbangan dan Jarak Penanda Map

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-vs-mobile-plane-phase

Fase parasut di PUBG Mobile juga terasa lebih “dibantu”, pihak developer menambahkan jalur penerbangan yang membantu pemain melihat posisi pesawat dan jarak dari penanda map jika kamu menandakannya di map tersebut. Mereka juga menambahkan jumlah pemain yang tersisa di dalam pesawat dan juga tombol parasut ketika membuka map di dalam pesawat, jadi kamu dapat memilih lokasi mendarat dan terjun dengan lebih akurat.

Di PUBG PC, tidak ada jalur pesawat dan indikasi jarak di penanda map jadi kamu harus mengkalkulasikan sendiri ke mana pesawat akan terbang.

Desain Bangunan

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-vs-mobile-building-design

Desain dari lingkungan dan bangunan di PUBG Mobile hampir mirip dengan PUBG PC. Tetapi, seperti yang dapat kamu lihat pada gambar di atas, kami membandingkan rumah yang sama di Pochinki namun pada versi mobilenya rumah tersebut tidak memiliki ruangan di bagian pojok dan berbagai detail kecil lainnya.

Mungkin saja mereka menghilangkan detail tersebut untuk memperhalus performa PUBG Mobile dan membuat pemain mobile lebih mudah untuk bergerak di dalam rumah tersebut (karena perbedaan kedua kontrol untuk PUBG Mobile dan PC).

Slot Senjata

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-vs-mobile-weapon-slots

Slot senjata di PUBG Mobile dan PUBG PC terlihat berbeda.

Pada PUBG PC, ada 4 slot senjata - 2 untuk slot senjata utama, 1 untuk senjata sekunder (untuk pistol) dan 1 slot senjata melee.

Pada PUBG Mobile, hanya ada 3 slot senjata - 2 untuk slot senjata utama dan 1 slot senjata melee. Slot senjata sekunder tidak ada di PUBG Mobile, tetapi jika kamu mengambil pistol, pistol itu akan masuk ke slot senjata utama sebagai gantinya.

Auto Pick Up

pubg-mobile-opinion-pubg-pc-vs-mobile-auto-pick-up

Tidak akan ada lagi loot yang ketinggalan di PUBG Mobile, karena jika kamu memainkannya di ponselmu kamu akan mendapatkan fitur untuk membantumu bertahan hidup… yaitu Auto Pick Up! Fitur pintar ini membuat karaktermu dapat mengambil loot dengan lebih leluasa, fitur ini akan memprioritaskan item penting untuk di ambil secara otomatis tanpa kamu perlu scroll di daftar loot. (Item yang diprioritaskan diberi warna kuning)

Fitur ini tidak ada dan mungkin tidak akan di implementasikan untuk PUBG PC.

Penutup

pubg-mobile-opinion-pubg-mobile-chicken-dinner

Setelah membandingkan PUBG PC dan PUBG Mobile, kita dapat menyimpulkan bahwa versi mobilenya lebih ringan dan dibuat khusus untuk meningkatkan kualitas pengalaman bermain bagi pengguna ponsel. Langkah ini merupakan langkah yang baik untuk memperkenalkan nama PUBG ke banyak gamers casual yang biasanya hanya bermain pada ponsel.  

Jika kamu menyukai game shooter dengan gabungan genre survival, PUBG Mobile saat ini adalah salah satu yang terbaik di game mobile, yang memberikan pengalaman bermain mirip seperti versi PCnya.

Di GCube.id, kami sangat gembira melihat dirilisnya PUBG Mobile! Kamipun akan menulis lebih banyak guide strategi, tips dan trik mengenai PUBG Mobile di pubgmobile.gcube.id,  - follow kami ya! Dan jangan lupa untuk download PUBG Mobile terbaru.

Apakah kamu sudah bermain PUBG Mobile dan meyukainya? Atau malah tidak menyukainya? Berikan komentarmu di bagian bawah ini!

BACA JUGA